Sop Daging Sapi Ala Chrismanaby

Hari raya idul adha kemarin ada daging sapi dari mbak nunik (daging qurban dari sekolah tempatnya ngajar) saya jadi pengen masak, tapi udah bosen kalo di sate, lagian ribet, gak ada tempat buat bakar2nya, kalo kossan yang malah kebakar gimana???? (naudzubillah)   akhirnya saya bikin  sop aja

resep ini saya dapat dari internet, tapi sedikit saya modifikasi sesuai kesukaan saya, jadi teman2 yang mau coba resepnya juga bisa dimodifikasi sesuai keinginan,… Soal rasa, wuihhhh jangan ditanya (maksudnya saya juga ragu menyebutnya enak, tapi untuk kategori pemula bisa dibilang sukses kok) Selamat mencoba😀

Sop Daging Sapi

Bahan :
– 750 gr daging sapi
– 1 batang daun bawang, iris tebal
– 2 buah kentang, potong dadu
– 2 buah wortel, potong2 tebal

Bumbu I :
– 3 cm jahe, dikeprek
– 4 buah pekak
– 5 butir kapulaga
– 1/4 buah pala, dikeprek
– 2 butir kaldu blok rasa sapi
– garam secukupnya


Bumbu II :
– 10 butir bawang merah

– 7 siung bawang putih

Cara membuat :
1. Rebus daging sapi dengan api sedang kurang lebih setengah jam.
2. Buang air bekas rebusan, ganti dengan air bersih. lalu masukkan semua bumbu I. Rebus kembali selama kurang lebih 30-45 menit sampai daging empuk.


3. Haluskan bumbu II, kemudian tumis hingga harum. tambahkan daun bawang.

 
4. masukkan tumisan kedalam rebusan daging. tambahkan wortel dan kentang, dan masak kembali sampai kentang dan wortel empuk. sajikan

 

48 thoughts on “Sop Daging Sapi Ala Chrismanaby

  1. Kemarin sekali, sehari setelah sholat Idul Adha, saya menjadi koki. Pun hari ini, pagi sekali, aku menjadi koki. Bedanya yang kumasak, jika kemarin daging embik, hari ini daging sapi. kalau ditanya masakan apa? saya jawabnya suka asal, “Masak Daging Gedimbrit” –> tak tau juga itu nama dapat darimana, artinya apa, intinya asal nyablak saja. Bumbunya sederhana: merica, garam, kecap, gula, kemiri, merica, cabe rawit, cabe tidak rawit, jeruk nipis, bawang merah dan suadara tirinya, daun bawang pre, jahe, tomat. Semua serba secukupnya saja. hehehe.. hmmmm… yummy.. this is it.. Gedimbrit Beef ala Darmanto King.. hehehe

Mari berkomentar, berbagi & sharing..

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s